https://iwanpertama.blogspot.com/
IWAN PERTAMA | Mengenalkan industri kerja di bidang Steward /dishwasher banyak batasan tertentu dan jarang sekali mengetahui kecuali seorang pekerja hotel dan restoran besar. Sebagian besar hotel dan restoran banyak menggunakan pekerja nya khusus di bidang steward. Di blog ini akan di jelaskan berbagai informasi khusus tentang steward dan sebelum nya kenali cara kerja nya.

Steward sendiri mempunyai arti pelayanan di bawah naungan Divisi FnB ( Food and Beverage ) lebih tepat nya khusus kebersihan di lingkungan kitchen dan pencucian perlengkapan memasak dan berbagai cuttleries. Divisi Steward sendiri banyak di temui pada industri perhotelan untuk menggunakan jasa pelayanannya. Jika di tempat perhotelan berbintang 5 biasa nya cakupan kerja bisa di bagi pada area tertentu di lihat dari kapasitas ruang besar dan kecil nya.

Di bawah ini yang perlu di perhatikan gambaran kerja steward atau job description dan  pembagian  kerja pada Divisi steward yang sudah di tentukan area mana di tempatkan. Jam kerja mengikuti aturan berlaku di setiap hotel, restoran dan cafe. Minimal jam kerja sampai 8 jam dan 1 jam istirahat. Lingkungan kerja pada umum nya di bagi beberapa shift, lain halnya hotel bintang 5 di bagi sampai 3 shift termasuk pagi, siang dan malam.

Stewarding Departement merupakan salah satu departement yang paling penting dari divisi F&B. Stewarding bertanggung jawab untuk penyedian, pengontrolan, perawatan, pencucian, kebersihan dan juga penyimpanan alat-lat termasuk peralatan makan, piring, gelas dan sebagai nya yang di butuhkan oleh restoran, layanan kamar, bar dan perjamuan. Steward juga bertanggung jawab untuk kebersihan semua area F&B, begitu juga menjaga sanitasi untuk dapur dan pantry. Tanpa stewarding yang efisien divisi F&B tidak bisa beroperasi dengan tata cara yang di harapkan bagi tamu.



                                                         Gambaran kerja steward


1. Datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan

2. Memakai seragam kerja (uniform) sebelum absen masuk

3. Berkumpul untuk pembagian job assigment / mendengar perintah atasan (brieffing)

4. Menjaga sikap sopan, di siplin, berpenampilan rapih dan perilaku terhadap atasan dan sesama karyawan.

5. Membersihkan area : ( Area steward, kitchen, bar, pantry, dan store ) juga merawat serta memelihara equipment dan mesin.

6. Menjaga dari hygiene dan sanitation

7. Memberikan laporan kepada atasan setelah selesai bekerja dan apabila mendapatkan suatu masalah.

8. Menyimpan semua equipment ke tempat khusus dengan kondisi bersih rapih.

9. Memberikan informasi kepada shift berikut nya tentang masalah pekerjaan.



                                              Tanggung jawab sebagai steward

1. Menjaga kebersihan area steward, kitchen, bar, store, kantin dan pantry (Area bagian belakang) juga merawat dan memelihara Equipment (Peralatan dan perlengkapan) termasuk mesin dishwasher.

2. Memperhatikan terhadap kebersihan dan sanitasi terhadap peralatan

3. Bertanggung jawab terhadap operational yang sedang berjalan.

4. Menangani terhadap komplain yang menyangkut dengan stewarding.

5. Membuat laporan tentang parstock equipment yang di gunakan juga membuat laporan tentang lost and breakage ke supervisor.



                                Ruang Lingkup Departement Stewarding

Stewaring berada di bagian belakang ( Back Area ) Yang berhubungan langsung dengan kitchen, maka bagian stewarding itu sendiri harus bekerjasama yang baik dengan kitchen karena sangat berpengaruh sekali terhadap berjalannya operasional food and beverage.


* Arti dari stewaring itu sendiri adalah : Bagaimana cara mengoperasikan, mencuci, membersihkan area, merawat serta memelihara equipment dan mesin pencucian piring.


* Definisi dari stewarding adalah : Suatu oraganisasi yang masuk kepada suatu departement food and beverage yang berada di belakang dalam suatu hotel/industry.


* Stewarding secara struktur organsasi : suatu departement yang di kepalai oleh seorang Chief steward di bantu oleh Asst. Chief, supervisor dan staff steward.




                                      Fungsi Departement Stewarding


Fungsi dari stewarding sendiri mensuplai bahan / material yang di sertai dengan kebersihan tempat kerja yang mana di laksanakan secara teratur dan cara pemakaian chemical secara ekonomis.


Pelayanan yang di berikan stewarding dapat di bagi dalam  bagian :


* Kebersihan dari bahan / material dan peralatan


Stewarding bertanggung jawab untuk tingkat kebesihan dan sanitasi untuk semua bahan peralatan F&B seperti : Glassware, Crockery, Cutleries, Kompor, Oven dan sebagai nya.


* Perawatan dari bahan dan peralatan


Stewarding bertanggung jawab merawat dan menjaga semua material dan peralatan F&B dalam konisi baik dan siap di gunakan.


* Suplai dan control dari bahan dan peralatan


Stewarding bertanggung jawab atas kesedian barang / bahan yang di minta staff kitchen harus selalu siap berada di tangan operasional.




                                  Tujuan dari departement stewarding

1. Untuk mengidentifikasi peranan dan fungsi penting dari departement stewarding itu sendiri dalam sebuah operasional perhotelan / Entertainment.


2. Untuk menekan terjadi nya kehilangan dan kerusakan bahan dan peralatan.


3. Untuk merawat bahan dan peralatan operasional yang di butuhkan  F&B outlet.


4. Untuk merawat persediaan peralatan operasi dan mengkoordinasi inventory barang.


5. Bertanggung jawab untuk menjaga semua bahan dan peralatan F&B tetap bersih dalam kondisi baik dan bisa di pergunakan.


6. Untuk mensuplai dan mengontrol bahan dan peralatan sesuai dengan permintaan dari F&B outlet dan dapur. Sehingga jumlah keseluruhan dari bahan dan peralatan yang penting untuk operasi selalu siap tersedia.


7. Untuk mengontrol bahan-bahan chemical untuk kebersihan.




                                           Bagian - bagian di Stewarding
1. Diswasher   : Staff yang bertugas pada pencucian jenis equipment glassware chinaware, cutleries dan sebagai nya yang di gunakan pada operasional dengan memperhatikan standard kebersihan & sanitasi dari barang, peralatan dan area dapur / area belakang F&B service.


2. Potwasher : Staff yang bertugas menyiapkan 3 bucket system untuk pencucian potpan atau peralatan kitchen.


3. Store man : Staff yang bertugas menjaga , merawat dan mengecek keluar masuk nya equipment / mesin yang ada di dalam store , juga menjaga kerapihan penempatan equipment dan selalu menjaga kebersihan store.


4. Cleaner : Staff yang bertugas membersihkan area ( corridor, bar, kitchen, kantin dan pantry )


5. Garbag man : Staff yang bertugas untuk memberihan area loding dock serta mengkolek sampah-sampah kitchen ataupun outlet sekitar F&B



Dengan perkembangan saat ini hotel-hotel masih terus di bangun dengan pangsa pasar yang sesuai selera dengan kantong konsumen terutama dengan harga yang terjangkau dengan memiliki fasilitas ruang tempat tidur yang nyaman dan menu sajian makanan yang nikmat, biasa nya yang di cari menurut kelas tertentu dengan fasilitas bintang 3 sudah cukup nyaman. dalam waktu menginap 1 minggu atau 1 hari pun semua aktifitas pekerjaan di luar kota sudah memberikan kemudahan untuk tinggal sementara.

Hotel hotel besar atau kecil jika hotel tersebut independen dikelola (mengelola hotel dengan nama yang berbeda dan membayar biaya untuk menggunakan nama) dalam hal jumlah kamar dan jumlah restoran dan membatasi jumlah karyawan serta jumlah jabatan dan posisi karyawan yang bekerja di sana. Aktivitas utama dan dasar dari sebuah hotel atau resort adalah penyediaan kamar, makanan dan minuman untuk tamu (pelanggan).

Ruang lingkup perhotelan pada umum nya terdiri dari beberapa departemen :

Departemen operasional utama sebuah hotel adalah departemen front office, departemen rumah tangga, departemen layanan makanan dan minuman dan departemen produksi makanan (dapur).

Bagian Front Office dan House Keeping juga disebut sebagai departemen Divisi Kamar/room boy.

Departemen Front Office mengurus pemesanan untuk tamu: untuk tamu yang ingin menginap di hotel, itu juga masalah mendaftarkan tamu di hotel, mengajukan pertanyaan kepada tamu dan keluhan selama menginap di hotel dan di sekitar pengumpulan akhir pembayaran tamu ketika tamu akhirnya meninggalkan hotel.

Di hotel yang lebih kecil, departemen front office disebut resepsionis.

Resepsionis, staf tamu, kasir, dan manajer kantor depan semuanya adalah bagian dari departemen ini.

Departemen operasional kedua, yang terkait erat dengan departemen front office, adalah departemen dalam negeri, yang bertanggung jawab untuk membersihkan kamar dan ruang publik (restoran, bar, ruang konferensi, ruang dansa ballroom, dll.).

Di hotel menengah hingga besar, departemen kebersihan juga menawarkan fasilitas binatu untuk seprai, handuk, sarung bantal, dll., Pakaian untuk tamu (dikenakan biaya) dan seragam untuk staf. Fungsi ini biasanya dialihdayakan di hotel-hotel kecil.

Di hotel-hotel kecil itu hanya dikenal sebagai bantuan rumah.

Housekeeping, Housekeeping, Supervisor Laundry dan Executive House Keeper adalah bagian dari departemen ini.

Departemen operasional ketiga adalah departemen Layanan Makanan dan Minuman, yang menampung semua restoran, bar, ruang pertemuan. Hotel ini juga menawarkan layanan kamar.

Pelayan, bartender, manajer restoran, manajer bar, manajer layanan kamar, manajer jamuan dan manajer makanan dan minuman adalah bagian dari departemen ini.

Departemen ini berurusan dengan layanan makanan dan minuman untuk tamu dan kemudian mengumpulkan pembayaran dari tamu.

Departemen operasi keempat hotel adalah departemen produksi makanan atau dapur. Mereka memasak makanan untuk para tamu di restoran, bar, layanan kamar, konferensi, acara, dan pernikahan.

koki, komis, chef de pesta, dan koki, steward adalah bagian dari departemen ini.

Selain empat departemen utama yang disebutkan di atas, ada beberapa departemen tambahan kecil yang berkontribusi pada berfungsinya sebuah hotel.

Mereka:

Departemen akuntansi: transaksi dengan uang hotel: semua kwitansi dan pembayaran uang. Periksa apakah semuanya telah dipesan dan tidak ada pencurian. Membayar gaji kepada karyawan, pembayaran kepada pemasok dan menangani buku pajak untuk tujuan bisnis. Mereka juga melakukan hal-hal secara teratur.

My review resume, please contact me

SPV. STEWARD
Email : iwanpertama@gmail.com