Meditasi


Setiap orang pasti pernah melakukan rutinitas meditasi sewajarnya dan saat saat belakangan ini sudah mulai ramai di bicarakan di ruang ruang terbuka manfaat dari meditasi itu sendiri, sampai ada pelatihan yang berbayar untuk mendapatkan panduan lengkap cara bermeditasi yang benar.
Pembahasan meditasi cukup luas pembelajaran nya. Siapa saja bisa melakukan sifat nya sangat universal tak ada hukum yang menisbihkan salah dan benar. Mau yang seperti apa meditasi ? ada yang tradisional dan ada keagamaan tertentu, semua tergantung selera selayaknya menu yang kita suka.
Keterkaitan meditasi Semua teknik dan cara sudah banyak di jabarkan lewat karya tulis mungkin para pemerhati sudah pernah membacanya dan juga mempraktekkan. Berkenaan meditasi banyak orang mengolah titik tujuan tersebut dengan batasan tertentu.
Meditasi ada kaitan nya dengan 'PERNAFASAN' kenapa harus nafas yang di olah ? Udara yang kita hirup melalui pernafasan merupakan berkah alam yang sangat mendekati pada jalur "HURIP" atau bisa di sebut Roh.

Semakin halusnya pernafasan semakin tidak terasa nafas yang kita hembuskan sampailah pada kondisi suwung. Ojo kaget ojo gumunan di saat tubuh sudah tidak merasakan apa-apa seperti roh yang mau keluar dan inilah pertanda anda sudah mendekati kesadaran di antara suwung.
Kondisi suwung tidak bisa di tebak kapan suasana itu bisa datang, sewaktu-waktu hadir dengan sendiri nya saat rutinitas meditasi.
 
Sikapi dengan penghayatan dan pintar mengamati kesadaran batin di sanalah ada pencerahan. Penulis tidak menyampaikan terapan cara bermeditasi karena setiap orang berbeda cara melakukannya.
 
Ada ungkapan yang sangat tersirat yang berkata
" Siapa yang mengenali dirinya maka mengenal tuhannya"
pepatah jawa juga mengungkapkan
"tan keno kinoyo ngopo"
(tak dapat di sepertikan apa)
 
Terus berbudaya 💯
Terpujilah kita semua 💟