https://www.facebook.com/usahabolaonline

Mungkin Sobat pecinta bola belum tahu tentang VAR itu sendiri, istilah VAR yang kerap muncul dalam hasil keputusan wasit Piala Dunia. VAR adalah video assistant referee atau Asisten Wasit Virtual. Secara sederhana, VAR diartikan sebagai teknologi yang membantu wasit untuk mengecek ulang apakah keputusan di lapangan sudah tepat atau belum. 

Teknologi VAR diperkenalkan  untuk membantu wasit meninjau keputusan untuk gol, kartu merah, penalti, dan offside. Teknologi ini menggunakan cuplikan film dari kamera sisi lapangan.

Itu berarti bahwa operator VAR dapat melihat aksi dari sudut yang berbeda. Kemudian memberikan penilaian atas insiden yang terjadi dan wasit pun di berikan kemudahan untuk membuat keputusan akhir.


Baca juga : 

Situs Bola Online 


VAR melibatkan tim Video Match Officials (VMO) yang meninjau rekaman pertandingan dari berbagai sudut dan berkomunikasi dengan wasit di lapangan melalui earpiece dan monitor di sisi lapangan.

Sistem VAR tidak hanya mengandalkan kamera. 

Yang terbaru Bola menggunakan Sensor tersebut diletakkan di tengah bola, dan secara otomatis bisa mengirimkan 500 data per detiknya ke ruang kontrol secara seamless, memungkinkan pendeteksian titik tendangan yang sangat akurat.


Var belum berlaku untuk liga asia terutama liga Indonesia. Entah sampai kapan akan berlaku.... 


#Var #bola #pssi #situsbolaonline